Faster and Verified information!

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Wednesday, August 1, 2018

Minyak Zaitun VS. Minyak Kelapa, dan konspirasi Minyak Sawit

Minyak Zaitun VS. Minyak Kelapa


Minyak dari buah zaitun terkenal akan khasiatnya, tanaman yang berasal dari mediterania ini selain digunakan sebagai makanan juga dipergunakan sebagai kosmetik dan pengobatan.
Tanaman ini juga disebutkan dalam berbagai kitab suci, yaitu Taurat, Injil dan alQuran. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengatakan bahwa pohon zaitun adalah pohon yang diberkahi.
Spoiler for Pohon yang diberkahi


Bagaimana dengan kita yang tinggal di negara tropis? apakah kita tidak mempunyai pohon yang juga diberkahi? Mungkin ya, kita memiliki pohon kelapa. Pohon ini seperti halnya pohon zaitun yang terkenal tahan pada kondisi kering, pohon kelapa memiliki kelebihan dapat tumbuh di berbagai ketinggian di daerah tropis. pohon yang menjadi simbol Pramuka ini memiliki manfaat dari seluruh bagian pohonnya, dan terutama dari buahnya kita bisa mendapatkan minyak kelapa.
Spoiler for pohon kelapa


Tunggu dulu, minyak kelapa tidak bisa dibandingkan dengan minyak zaitun kan, gan? minyak kelapa banyak mengandung kolesterol yang berbahaya bagi tubuh, terutama bagi yang memiliki penyakit jantung. Jadi bagaimana mungkin pohon ini diberkahi.
Well, kalau begitu kita melihat dulu kandungan nutrisi keduanya
Spoiler for Minyak Zaitun


Spoiler for minyak kelapa

emoticon-Matabelo

Sepertinya dari kandungan kalori dan lemaknya hampir sama gan, dan minyak zaitu mengandung zat besi. Nah kan, lihat saturated fat minyak kelapa lebih besar daripada minyak zaitun. Ini nih biang kerok penyebab sakit jantung.
Tapi tunggu dulu, saturated fat dari tanaman adalah berbeda dibandingkan dari hewan. 
Saturated fat dari minyak kelapa mudah dicerna oleh tubuh dan segera digunakan sebagai energi daripada disimpan oleh tubuh

Jadi jika membandingkan antara mentega dan minyak kelapa, maka minyak kelapa lebih sehat.
Kandungan saturated fat pada minyak kelapa sebagian adalah lauric acid, yang ini nih jadi bahan dagangannya para penjual VCO(Virgin Coconut Oil) dengan berbagai manfaatnya.
Spoiler for virgin coconut oil


Nenek moyang kita juga semenjak dulu menggunakan minyak kelapa yang dikenal sebagai minyak kletik untuk pengobatan dan kosmetik, diantaranya untuk menyuburkan rambut, mengatasi ruam dan penyakit kulit, untuk minyak terapi pijat, dan untuk ibu hamil yang konon agar mudah melahirkan. Dan memang terbukti memiliki khasiat sebagai antioksidan dan anti mikroba.
Spoiler for minyak kelapa untuk rambut


Jadi kalau begitu minyak kelapa sama manfaatnya dengan minyak zaitun?
Tidak juga, minyak zaitun dan minyak kelapa serupa tapi tak sama
Minyak zaitun dari segi nutrisi lebih unggul daripada minyak kelapa, namun minyak zaitun memiliki kelemahan yaitu tidak tahan panas.
Minyak zaitun mudah menguap, dan nutrisi yang terkandung akan rusak bahkan akan menjadi karsinogen (penyebab kanker) apabila dipanaskan.
Berbeda dengan minyak kelapa yang lebih tahan panas, minyak kelapa tetap sehat walaupun kita pakai untuk menggoreng.

Jadi gunakan minyak zaitun saat menggunakan masakan dengan minyak mentah (misalnya salad, sambal,dll) dan gunakan minyak kelapa untuk menggoreng.
Spoiler for penggunaan mentah atau menggoreng



Konspirasi Minyak Sawit


Masih ingat jaman dulu ketika tanaman kelapa, kopra dan minyak kelapa masih jadi rajanya?
Lalu tiba-tiba menghilang dan digantikan dengan minyak sawit. Dulu minyak kelapa diisukan tidak sehat dan sebagai gantinya kita "dipaksa" mengkonsumsi minyak sawit yang "lebih sehat", dengan 2x, 3x, atau 4x penyaringan, dengan tambahan vitamin A, beta karoten dll didalamnya?

Pastinya kita dibodohi gan, sawit memang lebih produktif dan menghasilkan minyak lebih banyak, namun secara kualitas, minyak kelapa jauh lebih baik.
Minyak kelapa tidak perlu 4x penyaringan dan tidak perlu menambahkan nutrisi kedalamnya. Toh kita mendapatkannya dari makanan yang lain.

Memang secara visual kadang minyak kelapa terlihat kurang menarik. Biasanya minyak kelapa akan menjadi padat (istilahnya tidur) pada temperatur dingin. Masih ingat kan agan kalau dulu minyak kelapa suka menggumpal berwarna putih kalau disimpan di tempat dingin? Jangan khawatir, karena tidak ada pengaruhnya dengan tidak sehatnya.
Spoiler for minyak kelapa tidur


Kalau sekarang agan ingin beralih kembali ke minyak kelapa, maka bersiaplah merogoh kocek lebih dalam untuk urusan dapur, karena sekarang minyak kelapa lebih mahal dari minyak sawit. Hal tersebut disebabkan karena pohon kelapa tidak seproduktif sawit dan semakin berkurangnya kebun kelapa dan pabrik penghasil minyak kelapa. Yang saya tahu minyak kelapa yang masih bertahan hingga sekarang adalah merk BARC*.
Spoiler for BARC*


Bagi agan-agan yang tinggal di daerah, tentu bisa memahami "konspirasi" ini lebih mudah, lihat saja bagaimana ratusan, bahkan ribuan hektar HGU kebun sawit menghampar dimana-mana demi memenuhi kebutuhan manusia akan minyak goreng. Ini tentu tidak akan sebanding jika kita menggunakan minyak kelapa. Kualitas makanan kita dikurangi demi pemenuhan kuantitas.
Spoiler for kebun sawit dan pabrik CPO


Bagi agan-agan yang lebih beruntung dan mengutamakan kualitas, minyak kelapa adalah pilihan yang baik.

Semoga Bermanfaat

Sumber 1

Post Top Ad

Your Ad Spot